0
NAMA KELOMPOK :
- Adventya Christina Manusama (50412286)
- Ahmad Riansyah (50412467)
- Donny Surya Agatha (58412341)
- Rizky Syachrial (56412629)
WEB DAN PERILAKU
PENGGUNA/IMK
A. Perilaku Navigasi
pada suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan
navigasi yang baik sangat penting untuk dilakukan bagi para pembuat online.
Para pembuat situs website tersebut harus bisa membuat suatu navigasi agar
pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan melihatnya. Ada dua tipe
navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan
overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten
baik di bagian atas, samping atau footer. Yang kedua adalah navigasi
versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk
menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi
semacam ini sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah
diberi antar muka yang lebih intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong,
calon pembeli diberi beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang
disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran
bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan
Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range harga
100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by NavinoT”. Calon
pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Permasalah dalam
kaitan dengan:
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
- Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran pada situs.
- Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
- Tabel Index (Peta Lokasi)
- Index
- Navigasi
- Fasilitas Pencarian (Search)
B. Perilaku Pencarian
Fitur pencarian internal tentunya telah di desain dengan
batasan tertentu. Ketika situs Anda tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola
pemakaian oleh pengguna. Termasuk di dalamnya adalah pola pencarian dalam
rangka mendapatkan pengalaman terbaik dalam pemanfaatan situs.
dalam kasus seperti diatas kita ingin membandingkan 2 situs jual beli online dimana kita liat dari navigasi dan pencarian yang terdapat didalam situs web tersebut.
gambar 1.

gambar 2.

gambar
diatas adalah situs jual beli online yang sangat banyak di minati oleh konsumen
online. pada gambar 1. dilihat navigasi bagian header(atas) terdapat kata
pencarian (disini biasa pengunjung ingin mencari suatu barang yang ingin dia
beli), lalu ada semua provinsi (pada tombol menu ini bisa kita mencari suatu
produk yang diposting oleh penjual diberbagai daerah di indonesia), semua
categori (berisikan categori produk apa saja yang ingin dicari oleh
pengunjung), dibagian paling atasnya terdapat log in, daftar dan pasang iklan
(untuk bagi para pengunjung yang akan menjadi member situs tersebut dan ingin
memasangkan suatu iklannya).
gambar 2. tentunya berbeda dengan gambar yang disebalah kirinya. pada gambar sebelah kanan navigasinya terlihat ketika pengunjung situs tersebut ingin mencari suatu produk, pengunjung diharuskan memelih daerah-daerah yang tercantum dibagaian depannya. misalnya ingin memilih daerah aceh, bali, dki jakarta dan lain-lain. dan dibagian pojok atas bisa memasangkan suatu iklan yang kita inginkan.
dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri.
gambar 2. tentunya berbeda dengan gambar yang disebalah kirinya. pada gambar sebelah kanan navigasinya terlihat ketika pengunjung situs tersebut ingin mencari suatu produk, pengunjung diharuskan memelih daerah-daerah yang tercantum dibagaian depannya. misalnya ingin memilih daerah aceh, bali, dki jakarta dan lain-lain. dan dibagian pojok atas bisa memasangkan suatu iklan yang kita inginkan.
dan tentunya dibagian footer suatu situs jual beli online terdapat tentang situs tersebut , contact us , FAQ , privacy policy, bantuan, dan ada kata-kata yang menjadi situs tersebut dikenal orang. kesaamaan dari kedua gambar situs jual beli online terdapat gambar indonesia yang menjadikan situs jual beli tersebut hanya mengiklankan produk dalam negeri.
2.
Web dan Perilaku sosial
A. Web merefleksikan perilaku
sosial
web pun dapat merefleksikan perilaki sosial
masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur banyaknya orang/ IP address yang
mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa web tersebut menarik perhatian
masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap sosial seaeoramg contohnya
seseorang yang sering mengakaksea situs belanja online akan mempunyai gaya
hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah daripada conter
ataupun diskon-diskon yang ada.
B. Web mempengaruhi perilaku sosial
web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi
yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi
perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak yang dimbulkan yaitu dampak positif
dan dampak negatif, dampak postifnya adalah :
1. lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan
dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia
2. dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan
waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah
3. mudah mencari informasi serta berbelanja online pun
dapat dilakukan
dampak negatif :
1. munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet
2. adanya plagiatisme
3. munculnya pencurian/hack
4. munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya
tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental
5. bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh
komputer itu sendiri
3. Dampak ekonomi dan pengaruh Web
A. Iklan
B. Penjualan online
STRUKTUR
WEB
A.
Link Structure
Keuntungan
struktur situs web yang dibuat dengan baik :
· Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin
disampaikan kepada pengunjung situs.
· Pengguna situs web dapat dengan mudah
memahami situs web.
· Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan
datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
· Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs
.
Struktur
Situs Web :
· Struktur Linear
· Struktur Grid
· Struktur Hierarki
Struktur
Linear :
· Struktur linear murni
· Struktur linear dengan halaman tambahan
· Struktur linear dengan halaman pilihan
· Struktur linear dengan halaman alternatif
B.
Small – World Network
Small
World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul
, namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak
nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world
network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua node yang
dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh secara proporsional
dengan logaritma dari jumlah node N dalam jaringan, yaitu:

Dalam
konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang
asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak
grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan
sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua
karakteristik small world network.
Social network sites
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari
simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin
dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,
keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Blog
Blog adalah sebuah laman web yang kemasukan-kemasukannya ditulis menurut urutan kronologi dan dipaparkan dengan tertib terbalik.
Blog memberikan ulasan atau berita mengenai sesuatu tajuk, umpamanya makanan, politik, atau berita tempatan, dengan sesetengah blog berperanan lebih sebagai buku harian peribadi dalam talian. Blog yang tipikal menggabungan teks, imej, dan pautan ke dalam blog, laman web, dan media lain yang berkaitan dengan topiknya. Keupayaan para pembaca untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format interaktif merupakan ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya adalah blog teks, walaupun sesetengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto), video (vlog), musik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan sebahagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Istilah "blog" merupakan kata lakur untuk perkataan "web" dan "log" (Web log). "Blog" juga boleh digunakan sebagai kata kerja yang membawa pengertian "untuk memeliharakan atau menambahkan isi kandungan ke dalam blog."
Pada bulan Nov 2007, Technorati, enjin carian blog, sedang menjejaki melebihi 120 juta blog, meningkat dua kali ganda sejak awal Januari 2007.
ANALISIS WEB
Pengukuran Web
Di bawah ini ada beberapa tools yang
digunakan untuk mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya,
serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini penjelasan
mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website.
1. Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat
di akses, nilai dari sebuah website, dan berapa ukuran dari sebuah website
tersebut.
Beberapa kelebihannya di kategorikan sebagai
berikut :
Performance Grade : melihat nilai
kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser cache, combine external
css dan lain-lain.
Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.
Waterfall : melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
Page Analysis : melihat detail analisa halaman web.
History : melihat detail akses dari beberapa hari lalu.
Kekurangan yang terdapat pada tools ini, sama
seperti tools alat ukur akses web pada umumnya yaitu Membutuhkan akses
internet yang stabil, karena tidak mungkin kita bisa mengukur kecepatan akses
suatu website kalau akses internet kita terhadap website tersebut tidak
stabil/berjalan dengan baik.
2. GTmetrix adalah
website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan
menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze
engine dan untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan GTmetrix juga dapat membandingkan
beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar sebagai anggota maka dapat:
- Melihat
tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
- Menjadwalkan
cek website secara otomatis
- Menyimpan
laporan
- Memilih
hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan GTmetrix :
- Dapat
menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
- Dapat
membandingkan beberapa URL sekaligus
- Menjadwalkan
cek website secara otomatis
- Dapat
menyimpan laporan
- Memilih
hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan GTmetrix :
- Jika
menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.
3. Alexa Rank
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang
berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi
mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet
didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja
Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah
pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki
sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke
situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Kelemahan Alexa:
1. Jika pengguna internet (pengakses situs
anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000
pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak
ada pengunjungnya.
2. Jika dalam sehari ada yang mengakses situs
anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap
situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda
jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka
situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa
mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .
Kelebihan Alexa :
1. Alexa rank akan menampilkan tingkat
popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik
kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
2. Pencarian analisa akan menampilkan kepada
kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan
sebuah traffic 3.Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik
dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita 4.Data
clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam
mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.
CRAWLER
Crawler bertugas untuk mengindeks, membuat rangking, menyusun
dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu
yang sangat cepat.
Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.
Crawler ini penting dipahami untuk SEO.
Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain.
Sebuah spider dapat memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya.
Search engine seperti Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript, hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search engine, dan semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman teks.
Obyek dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.
Crawler ini penting dipahami untuk SEO.
Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain.
Sebuah spider dapat memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya.
Search engine seperti Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel. Sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama, gunakanlah tag noscript, hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil oleh spider untuk search engine, dan semua link yang mengandung javascript akan ditolak sebagai halaman teks.
Search
Engines
Mesin pencari (search engine) adalah salah
satu program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang menemukan
file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam sebuah web server umum
di web (www) atau komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk
meminta content media dengan criteria yang spesifik ( biasanya berisikan prase
atau kata yang kita inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria
tersebut.
Cara Kerja Search Engine
Mesin pencari web bekerja dengan cara
menyimpan informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung dari
www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browsewr web yang otomatis
mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap halaman lalu dianalisis
untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya kata-kata di ambil dari judul,
subjudul, atau field khusus yang di sebut meta tag ).
Data tentang halaman web disimpan dalam
sebuah database indeks untuk di gunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian
mesin pencari seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (
yang di sebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri. Ketika
seorang pengguna menggunakan mesin pencari dan memasukin query, biasanya dengan
memasukan kata kunci, mesin mencari akan mengindeks dan memberikan daftar
halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya. Daftar ini biasanya di
sertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang sebagian teks
dari hasil pencarian yang kita cari.
Web
Archiving
Definisi Web Archiving
Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses
mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam
suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan
masyarakat umum pada masa datang.
Cara Kerja Web Archiving
Yang paling umum web pengarsipan teknik menggunakan web
crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler
biasanya mengakses halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user
yang menggunakan web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.
Contoh-contoh Web Archiving
Berikut Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg
melayani jasa Web Archiving:
• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage Dll.
• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand heritage Dll.
EKONOMI
WEB
Dampak Ekonomi Pengaruh
Web
Periklanan
Iklan adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Iklan adalah promosi benda seperti meja baru, jasa seperti kantor pos, tempat usaha dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Pemasaran melihat klanik sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, relasi publik, penjualan, dan promosi penjualan.
Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat :
Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk
menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
Memberi keuntungan kepada agen iklan.
Membuka lapangan kerja.
Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
Data AC Nielsen: belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997). Fantastis!
Tahun 1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000 ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.
Dampak pesan yang ditimbulkan :
- Meningkatkan pemasaran produk.
Memberi keuntungan kepada agen iklan.
Membuka lapangan kerja.
Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
Data AC Nielsen: belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997). Fantastis!
Tahun 1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000 ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.
Dampak pesan yang ditimbulkan :
- Meningkatkan pemasaran produk.
-Iklan mampu
memunculkan multiplier effect.
-Iklan tidak hanya menjadi ladang pekerjaan baru yang memberikan keuntungan, tapi juga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan negara.
-Iklan ikut memberi andil meningkatkan pembelian masyarakat.
Menghidupkan industri barang dan jasa karena ada peningkatan permintaan.
-Iklan tidak hanya menjadi ladang pekerjaan baru yang memberikan keuntungan, tapi juga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan negara.
-Iklan ikut memberi andil meningkatkan pembelian masyarakat.
Menghidupkan industri barang dan jasa karena ada peningkatan permintaan.
Penjualan Online
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1.
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi
Dalam bidang
ekonomi, kemajuan internet terutama pada aplikasi mesin pencari memudahkan
suatu perusahaan dalam melihat target pasar dari perusahaan tersebut. Selain
itu, teknologi internet juga membawa suatu perubahan pasar yakni saat ini
transaksi penjualan/pembelian tidak hanya dapat dilaksanakan ketika penjual dan
pembeli bertemu secara langsung namun dalam dunia maya sekalipun. Contoh
transaksi jual beli yang biasa kita temukan di internet seperti Shopping Online,
Penjualan tiket pesawat, dll.
Internet
bukan hanya tempat untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan
sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini
disebut E-Commerce (electronic commerce). Munculnya istilah ini seiring dengan
semakin berkembangnya disiplin ilmu komputer dan internet. E-com ini dapat
diartikan sebagai pertukaran barang, jasa, dan atau informasi melalui medium
elektronik dengan imbalan uang yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan
credit card (kartu kredit). Rentang bisnis melalui internet ini mulai dari
pemesanan bunga untuk orang tercinta, jual buku, langganan majalah, sampai
pembayaran ribuan rupiah untuk pembelian chip processor yang akan digunakan
untuk komputer.
Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pengusaha adalah membuat “homepage” yang akan berfungsi sebagai toko di internet. Melalui homepage ini ia dapat menyebarluaskan informasi mengenai perusahaan, pruduk, dan pelayanan yang di tawarkan. Manfaat dari E-com itu sendiri adalah bisa menurunkan pengeluaran tetap, karena perusahaan bisa menghemat jumlah pegawai, dengan demikian juga pengeluaran untuk gaji dan infrastruktur fisik. Dan sebaliknya, untuk konsumen E-com menawarkan kenyamanan lebih besar dan pilihan lebih banyak untuk barang dan jasa yang akan dibeli dengaan harga lebih baik.
Referensi :